Pentingnya SIMRS didalam Penerapan Elektronik Rekam Medis

0

Pentingnya SIMRS didalam Penerapan Elektronik Rekam Medis

Berdasarkan Permenkes RI Nomor 82 Tahun 2013 Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat SIMRS adalah suatu proses teknologi informasi komunikasi yang memproduksi dan mengintegrasikan semua rangkaian proses service Rumah Sakit didalam wujud jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk meraih informasi secara pas dan akurat, dan merupakan anggota berasal dari Sistem Informasi Kesehatan Mengenal SIMRS Serta Manfaatnya Bagi Rumah Sakit dan Pasien .

Dalam Permenkes tersebut juga, tiap tiap tempat tinggal sakit diwaijbkan memakai fasilitas SIMRS demi mendukung service lebih baik ulang kepada para pelanggannya. Sehingga di masa kepemimpinan Dr. dr. Fidiansjah, Sp.KJ, MPH. mendorong Rumah Sakit Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor untuk menerapkan proses digitalisasi tempat tinggal sakit secara menyeluruh didalam meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan.

Rumah Sakit Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor berbenah menuju service tempat tinggal sakit yang berbasis digital. Sebagian masyarakat bisa saja udah tidak asing ulang dengan SIMRS. Dengan SIMRS, tempat tinggal sakit mampu memproduksi dan juga mengintegrasikan semua rangkaian service tempat tinggal sakit didalam wujud jaringan terkoordinasi untuk meraih informasi secara pas dan akurat. Jika digitalisasi diterapkan maka semua data realtime mampu dibuka kapan saja simrs .

Dalam Permenkes RI Nomor 82 Tahun 2013 juga disebutkan SIMRS harus mampu diintegrasikan dengan program Pemerintah dan Pemerintah Daerah dan juga merupakan anggota berasal dari Sistem Informasi Kesehatan. SIMRS juga harus mampu meningkatkan dan mendukung proses service kesegaran di Rumah Sakit yang meliputi:

a. kecepatan, akurasi, integrasi, peningkatan pelayanan, peningkatan efisiensi, kemudahan pelaporan didalam pelaksanaan operasional;

b. kecepatan mengambil keputusan, akurasi dan kecepatan identifikasi masalah dan kemudahan didalam penyusunan trik didalam pelaksanaan manajerial; dan

c. budaya kerja, transparansi, koordinasi antar unit, pemahaman proses dan pengurangan biaya administrasi didalam pelaksanaan organisasi.

Untuk mendukung perihal tersebut diperlukannya penerapan elektonik rekam medis didalam memakai SIMRS.

Pada akhir Januari tepatnya 27 Januari 2022 udah terlaksananya Workshop Persiapan Penerapan Elektronik Rekam Medis (ERM) di Gedung Diklit Rumah Sakit Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor. Workshop ini merupakan wujud tindak lanjut berasal dari implementasi SIMRS terhadap Modul Rawat Inap dan Penerapan Elektronik Rekam Medis di semua unit service RSJMM. Yang sebelumnya implementasi SIMRS terhadap Modul IGD, Rawat Jalan dan Penunjang udah berjalan terhadap th. 2020.

Pada aktivitas ini Achmad Mudhakir selaku Kepala Instalasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) menjadi pembicara didalam sosialiasi penerapan Elektronik Rekam Medis. Dalam sosialisasi tersebut Tim Instalasi SIRS memberikan panduan kepada tenaga medis dan keperawatan didalam penerapan Elektronik Rekam Medis

Dari aktivitas workshop tersebut mampu diartikan Kedatangan teknologi lebih-lebih pc didalam proses informasi tempat tinggal sakit terlalu penting untuk mendukung kemudahan didalam manajemen tempat tinggal sakit lebih-lebih didalam penerapan Elektronik Rekam Medis. Oleh gara-gara itu, dengan ada SIMRS ini mampu mendukung pengolahan data dan membuahkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat sesuai keperluan supaya mampu meningkatkan kualitas service kesegaran bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *