Pandangan Candid Tentang Positif dalam Perekonomian Pakistan

0

Jadi ini dia, Ekonomi yang Runtuh, Negara yang Bangkrut, Tanah yang Tidak Efisien.

Betulkah?

Melihat ukuran ekonomi lebih dari 20 juta orang, tampaknya sekitar $ 300 miliar Produk Domestik Bruto (PDB) atau total output terlalu nominal namun dinamika ekonomi Pakistan harus dipertimbangkan sebelum membahasnya. kesimpulan.

Seringkali dilihat-lihat, bagian utama dari ekonomi Pakistan terdiri dari bagian tidak berdokumen atau informal. Sudah menjadi budaya untuk melakukan transaksi melalui kata-kata yang diucapkan / janji lisan dan karenanya jarang melibatkan tanda terima apa pun. Kwitansi hanya dilibatkan oleh perusahaan / dealer besar untuk membantu dalam tujuan audit. Dengan demikian, sebagian besar perekonomian tetap informal dan karenanya tidak berdokumen. Banyak ahli berpandangan bahwa jumlah sebenarnya dari PDB Pakistan tiga kali lipat jika seseorang mempertimbangkan penyebab krisis ekonomi yang tidak berdokumen, sehingga angka tersebut mendekati sekitar satu triliun dolar, yang merupakan ukuran negara berkembang teratas di Thailand, Malaysia dan Singapura. digabungkan.

Pola menabung di suatu negara sangat berbeda dari negara Barat mana pun. Orang lebih suka menyimpan sebagian besar penghasilan mereka di rumah untuk digunakan siap pakai. Bank dihindari oleh banyak orang karena keyakinan bahwa “bunga” dilarang dalam Islam, agama massa. Juga sejumlah besar emas disimpan oleh banyak wanita di rumah atau lemari besi mereka, untuk diwariskan kepada putri mereka pada upacara pernikahan.
Rasio pajak terhadap PDB berada di sisi yang lebih rendah karena sistem pemungutan pajak yang buruk dan keengganan orang untuk membayar pajak namun pengumpulan amal tetap tidak ada bandingannya. Keberadaan organisasi amal seperti Edhi Foundation, Chippa Foundation, dan Sylani Welfare Trust tetap membuat kagum banyak orang, karena jelas membutuhkan jutaan dan jutaan untuk beroperasi setiap hari. Skala operasi yang berkelanjutan dan terus meningkat dari jenis kepercayaan ini adalah bahan pemikiran yang lebih besar bagi banyak ekonom, karena orang tidak mengharapkan sumbangan semacam itu dari orang-orang yang ekonomi lemah.

Jika ekonomi Pakistan begitu mengganggu, mengapa perusahaan multinasional, pengamat dan peramal tren ekonomi, tidak mempertimbangkan untuk mengalihkan sumber daya mereka dari Pakistan! Atau yang lebih penting mengapa mereka tidak mengalami kerugian. Sungguh mengherankan bahwa sedikit atau tidak ada perusahaan multinasional yang mempertimbangkan untuk meninggalkan Pakistan, begitu mulai beroperasi di negara tersebut. Ambil Pasar Modal, ambil sektor perbankan, ambil jaringan hotel, ambil industri otomotif, ambil FMCG, perusahaan multinasional ada di mana-mana, ambil uang dalam jumlah besar sebagai keuntungan, setiap tahun.
Dan kemudian mereka mengeluh bahwa Pakistan memiliki sistem ekonomi yang tidak stabil !!

Pernah memperhatikan distribusi anggaran negara?
Sekitar 60% dari anggaran dialokasikan untuk sektor Pertahanan, separuh yang lebih kecil digunakan di setiap sektor ekonomi lainnya. Bukankah perkembangan tidak terbayangkan jika kita mengalihkan fokus dan sumber daya kita dari sektor pertahanan?
Jangan lupakan fakta bahwa banyak negara maju mengalokasikan kurang dari 1% anggaran mereka untuk sektor pertahanan.

Inflasi negara telah stagnan selama bertahun-tahun tidak seperti ekonomi banyak negara berkembang lainnya. Ini juga membuktikan bahwa ekonomi Pakistan tidak terlalu kebal terhadap pergerakan negara-negara maju. Contoh brilian dari adaptasi ekonomi negara adalah tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil bahkan selama Perang Harga Minyak antara OPEC dan Rusia (2013 dan seterusnya).

Pakistan dianggap sangat penting secara global, sehingga tidak salah untuk mengatakan bahwa Bisnis di seluruh dunia secara diam-diam mengagumi beroperasi di Pakistan. The “China Pakistan Economic Corridor” (CPEC) adalah contoh terbarunya. Perusahaan-perusahaan China akan berinvestasi pada proyek-proyek bernilai lebih dari 46 Miliar Dolar di Pakistan, yang pasti akan memberikan dorongan tajam pada apa yang disebut ekonomi lesu. Tidak hanya ini, tetapi pekerjaan juga akan berhasil. Industri lokal juga akan meningkat tanpa diragukan lagi. Dan yang paling penting, CPEC akan memberi contoh bagi seluruh dunia dengan mengungkap potensi dan ruang lingkup ekonomi Pakistan yang sebenarnya.

Tentang faktor ekonomi di dalam, Pakistan diperkaya dengan Gas, Batubara, dan sumber daya alam lainnya yang perlu dieksplorasi dan dimanfaatkan.
Mungkin mereka sedang dipertahankan untuk masa depan, sehingga mereka bisa mendapatkan harga terbaik, begitu seluruh dunia kehabisan sumber daya mereka.

Populasi utama negara ini terdiri dari kaum muda, dan yang paling menonjol adalah orang-orang yang mengejar pendidikan tinggi mereka. Namun tetap menjadi dilema bahwa mereka dengan sengaja atau tidak sengaja dilatih untuk bekerja untuk orang lain, daripada memulai usaha mereka sendiri. Bagaimanapun tren mulai berubah, pengangguran mulai mengarah pada pengambilan resiko dan keluar dari zona nyaman mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *