10 Langkah untuk Menghasilkan Ide Bisnis

0

Anda tidak perlu menjadi seorang jenius untuk datang dengan ide bisnis. Ini adalah kebalikannya! Sangat mudah untuk menghasilkan ide bisnis setiap saat, namun, tantangannya terletak pada menghasilkan ide bisnis yang sesuai untuk Anda dan sesuai dengan Cara Membuat Ide Bisnis Online Yang Menguntungkan kepribadian dan kebutuhan Anda.

Di sinilah kebanyakan orang terjebak, banyak orang ingin memulai sendiri dan memikirkannya sepanjang waktu, pertanyaan besarnya adalah, bisnis apa yang harus saya mulai? Dan itu bukan pertanyaan kecil, seringkali, jenis bisnis yang Anda jalani Bisnis Dropship Indonesia akan menentukan apakah Anda akan sukses atau tidak.

Jadi, jika Anda memiliki semacam kerangka kerja atau arahan untuk membuat pikiran Anda terfokus pada ide bisnis yang sesuai dengan Anda dan bekerja dengan situasi Anda sendiri, maka Anda telah mengambil langkah besar untuk menjadi sukses dalam bisnis.

1. Mulailah berpikir! Buat otak Anda bekerja
Apakah Anda terlalu sibuk dengan rutinitas harian Anda sehingga tidak meluangkan waktu untuk berpikir dan merenungkan apa yang Anda inginkan, atau merasa bahwa otak Anda terlalu tertekan dan tidak memiliki kemampuan untuk menjadi liar dengan imajinasi Anda, jangan khawatir. Artikel ini berisi tips dan saran yang akan membantu Anda memulai proses kreatif.

Langkah pertama menuju pemikiran kreatif adalah mengecilkan cara kerja pikiran dan cara merangsang otak Anda. Saya akan menggali lebih dalam topik ini, karena kita mungkin memerlukan beberapa buku untuk membahasnya, tetapi saya akan menyebutkan secara singkat elemen-elemen kuncinya.

Otak memiliki dua bagian utama; belahan kanan dan kiri, masing-masing memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Belahan kanan adalah bagian kreatif dan artistik, bagian yang menghargai seni, menggunakan bentuk, warna, dan gambar untuk menganalisis dan memproses informasi, dan juga bagian yang mengontrol kreativitas dan imajinasi.

Bagian kiri adalah bagian logis, itu adalah bagian yang melakukan perhitungan matematis, mencari sebab dan akibat, menggunakan kata-kata untuk menggambarkan dan mendefinisikan, dan itu juga bagian yang mengontrol ucapan, tata bahasa, dan urutan kata.

Agar Anda sukses dalam bisnis, Anda harus memiliki keseimbangan di kedua sisi. Anda harus imajinatif dan kreatif untuk memunculkan ide bisnis dan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah bisnis. Anda juga harus logis untuk menganalisis dan menentukan peluang bisnis, menghitung risiko bisnis, dan mempertimbangkan pilihan Anda untuk menghadapi masalah bisnis sehari-hari.

Otak itu seperti otot, jika Anda tidak berolahraga secara teratur agar tetap bugar. Anda tidak dapat mempersiapkan diri untuk maraton dengan duduk di sofa sepanjang hari. Hambatan umum untuk berpikir kreatif adalah kebiasaan, sikap, rutinitas sehari-hari, kurang percaya diri atau kebutuhan terus-menerus akan bimbingan dari orang lain. Cara yang baik untuk mendobrak atau mengatasi hambatan tersebut adalah dengan berpikiran terbuka, menerima hal-hal baru, menerima tantangan baru, atau hanya dengan memberi otak Anda lampu hijau untuk berpikir kreatif. Jadi luangkan waktu untuk berpikir dan merangsang otak Anda.

Perubahan adalah salah satu cara terbaik untuk merangsang otak Anda dan menemukan ide-ide baru. Perubahan pemandangan dapat membantu Anda menjernihkan pikiran dari masalah sehari-hari dan memberi Anda kejelasan untuk mulai berpikir kreatif, Anda dapat pergi ke taman, pantai, atau ke mana pun Anda suka dan meluangkan waktu untuk melatih otak Anda. Perubahan orang juga akan membantu Anda, dengan bertemu orang baru dan mendengarkan mereka berbicara tentang masalah atau frustrasi mereka, Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang kebutuhan dan aspirasi mereka, yang merupakan dasar dari setiap bisnis yang sukses. Perubahan tempat juga pasti akan membantu Anda menemukan ide-ide baru yang belum pernah Anda lihat atau dengar sebelumnya, Anda mungkin melihat jenis toko baru dalam perjalanan Anda ke Tokyo yang menurut Anda akan bekerja dengan baik di kota Anda.

Intinya adalah, Anda tidak perlu pergi ke belahan dunia lain untuk menemukan ide-ide baru, perubahan kecil yang Anda buat dalam keseharian Anda, akan membuahkan hasil yang besar.

2. Beli buku catatan
Sekarang setelah Anda mengetahui cara merangsang otak dan memulai proses berpikir kreatif, Anda perlu terus mengandalkan ide-ide Anda dan memastikan bahwa Anda dapat mendokumentasikannya untuk dipelajari dan diteliti lebih lanjut.

Setiap bisnis yang dapat Anda pikirkan dimulai dengan ide kecil di suatu tempat, dari pengamatan kecil, situasi yang membuat frustrasi, atau saat mandi. Perbedaannya adalah bahwa orang-orang yang memiliki ide tersebut meluangkan waktu untuk memikirkan ide-ide ini dan mengembangkannya untuk menciptakan bisnis yang sukses. Anda tidak pernah tahu kapan inspirasi itu datang, jadi simpanlah buku catatan di dekat Anda setiap saat untuk menuliskan ide-ide ini kapan pun ide itu datang.

3. Ikuti gairah
Anda Setelah Anda memulai bisnis Anda, Anda akan menghabiskan sebagian besar hari Anda selama beberapa tahun melakukan bisnis itu. Jadi, pastikan Anda memilih bisnis yang membuat Anda bergairah dan bersemangat. Jika Anda tidak menyukai bisnis Anda, kemungkinan besar, Anda mungkin tidak berhasil dalam bisnis itu, mungkin bukan karena Anda tidak memiliki apa yang diperlukan, tetapi sebagian besar karena Anda mungkin kehilangan minat terlalu mudah dalam menghadapi tantangan yang akan datang dengan cara Anda.

Memulai dan membangun bisnis yang sukses bukanlah tugas kecil, itu akan banyak pekerjaan, Anda akan menghadapi banyak masalah, Anda harus menghadapi situasi yang belum pernah Anda temui sebelumnya, jadi lebih baik lakukan sesuatu yang Anda sukai. Anda akan menemukan bahwa ketika segala sesuatunya menjadi sulit, gairah Andalah yang akan membuat Anda maju dan membuat Anda mengatasi rintangan. Jika Anda tidak menyukai apa yang Anda lakukan, Anda akan mengambil jalan keluar pertama ketika masalah muncul.

Selain itu, jika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai secara pribadi dan memahami motivasinya, Anda akan berada di tempat yang lebih baik untuk memahami kebutuhan pelanggan Anda dan memenuhinya. Memahami kebutuhan pelanggan dan motivasi mereka untuk membeli adalah elemen kunci untuk memahami bisnis Anda dan memastikan keberhasilannya.

Karena itu, ketika Anda memutuskan untuk mengambil hobi lama menjadi bisnis baru, Anda harus menghitung dan memastikan bahwa ada cukup permintaan untuk produk atau layanan ini, dan orang-orang bersedia membayarnya. Jika tidak, Anda akan melakukan sesuatu yang tidak diminati banyak orang.

4. Buka mata Anda
Peluang bisnis baru lahir dari situasi baru setiap hari. Awasi apa yang terjadi di sekitar Anda, biasakan membaca koran dan mengidentifikasi peluang baru. Anda mungkin membaca bahwa orang-orang mengeluh karena layanan kesehatan yang buruk di daerah Anda, atau kurangnya sekolah di lingkungan Anda.

Bicaralah dengan tetangga Anda dan orang yang Anda kenal, apa yang membuat mereka frustrasi? Apa yang ingin mereka ubah di lingkungan Anda? Apakah tetangga Anda mengeluh bahwa dia harus berkendara jarak jauh untuk sampai ke binatu terdekat? Atau apakah tetangga Anda yang lain mengeluh tentang kurangnya bahan makanan di dekat tempat tinggal Anda? Apakah Anda rekan kerja frustrasi karena tidak ada restoran di dekat gedung kerja Anda?

Jika Anda tetap membuka mata terhadap perkembangan dan perubahan baru di sekitar Anda, Anda mungkin memanfaatkan peluang yang muncul. Anda tidak perlu datang dengan ide bisnis yang orisinal dan unik untuk menjadi sukses, seringkali, ide yang telah diuji berkali-kali yang terbukti berhasil, jadi lihat area Anda, dan lihat apa yang hilang, itu bisa menjadi bisnis Anda berikutnya.

5. Memanfaatkan kekuatan Anda
Kebanyakan orang pandai dalam sesuatu. Lihatlah pengalaman dan karir Anda, apa yang bisa Anda lakukan dengan baik? Apakah Anda telah bekerja di manajemen proyek selama 15 tahun dan mengetahui seluk beluk bisnis, ini sering kali merupakan tempat terbaik untuk memulai.

Kebanyakan orang takut untuk memulai bisnis mereka sendiri karena mereka fokus pada kelemahan dan berpikir bahwa mereka akan gagal karena hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan dengan baik. Tidak ada orang yang sempurna, tidak semua pemilik bisnis yang sukses adalah seorang superman.

Alih-alih berfokus pada hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan dengan baik, fokuslah pada hal-hal yang Anda kuasai. Apa yang bisa Anda lakukan lebih baik dari yang lain? Bagaimana yang lain melakukannya? Dan bagaimana Anda bisa melakukannya secara berbeda? Terkadang, Anda membutuhkan ide baru untuk memulai bisnis, mungkin perubahan kecil pada ide yang sudah mapan adalah jawaban Anda. Jika industri Anda berada di belakang industri lain dalam hal bisnisnya, mungkin Anda dapat membuat sistem baru untuk mengotomatiskan proses mereka atau mengkomputerisasi catatan mereka.

Intinya, lihat hal-hal yang paling Anda ketahui, dan fokuskan pemikiran Anda pada area ini. Mereka tidak harus berasal dari kehidupan kerja Anda. Anda mungkin menemukan bahwa Anda pandai membantu teman Anda memilah keuangan pribadi mereka, jadi Anda mungkin berpikir untuk membuka bisnis di mana Anda membantu individu merencanakan keuangan pribadi.

6. Jelajahi hal-hal baru
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perubahan adalah salah satu stimulator terbesar bagi otak. Bahkan jika Anda tidak ingin membuka kedai kopi sendiri, lain kali Anda berada di kedai kopi, lihatlah bagaimana segala sesuatunya dilakukan dan pikirkan cara baru untuk memperbaikinya. Seringkali pemikiran ini dapat mengarahkan Anda ke cara-cara baru untuk meningkatkan ide bisnis Anda di bidang yang Anda pilih.

Cukup aneh, ide bisnis Anda berikutnya mungkin sesuatu yang tidak pernah terlintas di benak Anda jika Anda belum pernah menghadiri pertemuan bisnis di luar kota. Semakin banyak Anda mengalami, semakin luas pilihan Anda, membuat Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk menghasilkan ide-ide baru dan menghasilkan pemikiran baru.

7. Periksa rekening bank Anda
Memulai dan menjalankan bisnis Anda membutuhkan uang. Tergantung pada situasi Anda, Anda perlu memikirkan bisnis yang sesuai dengan anggaran Anda. Keuangan setiap orang terbatas, jadi pastikan ide bisnis apa pun yang Anda buat dapat dilakukan.

Jika Anda memiliki sedikit uang, maka carilah ide bisnis yang tidak haus uang, mungkin mulai dari yang kecil dan kemudian berkembang dengan bisnis tersebut.

Karena itu, ada tempat di mana Anda bisa mendapatkan keuangan untuk bisnis Anda, seperti bank, modal ventura, keluarga, teman, dan asosiasi bisnis kecil di daerah Anda. Tentukan terlebih dahulu tingkat keuangan yang dapat Anda tingkatkan, dan fokuslah pada bisnis yang tidak akan melebihi batas tersebut.

Poin penting lain yang perlu dipertimbangkan di sini, sementara ada manfaat nyata untuk mendapatkan bantuan keuangan dari luar untuk memulai bisnis Anda sendiri, itu biasanya berarti Anda harus berbagi bisnis dengan orang lain atau berhutang. Pikirkan baik-baik tentang pilihan ini dan putuskan terlebih dahulu apakah ini adalah risiko yang ingin Anda ambil atau Anda ingin melakukannya sendiri sepenuhnya.

8. Ketahui apa yang Anda inginkan dalam hidup
Selain tujuan bisnis Anda, pikirkan alasan Anda ingin memulai bisnis sejak awal. Apa yang sedang kamu cari? Apa cita citamu? Apakah Anda memulai bisnis untuk dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga? Untuk menghasilkan lebih banyak uang? Untuk dihormati di antara rekan-rekan Anda?

Apa pun tujuan Anda, pastikan ide bisnis Anda melengkapi tujuan ini dan membantu Anda mencapainya. Jika tujuan Anda adalah menemukan lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan melakukan hal-hal lain, maka memulai bisnis yang mengharuskan Anda bekerja 16 jam sehari atau bepergian terus-menerus mungkin bukan ide terbaik.

Lebih sering dari apa yang orang pikirkan, uang bukanlah alasan sebenarnya kebanyakan orang memulai bisnis mereka. Sementara kebebasan finansial adalah keuntungan besar memiliki bisnis yang sukses, bisnis apa pun dapat menghasilkan uang, jenis bisnis dan bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda akan ditentukan oleh hal-hal selain uang saja.

9. Pilih bisnis yang sesuai dengan kepribadian
Anda Apakah Anda orang pagi atau makhluk malam? Setiap orang memiliki jam sibuknya sendiri dalam sehari. Anda akan menemukan sangat sedikit pembuat roti atau pemilik surat kabar sukses yang tidak suka bangun di pagi hari. Jika Anda bukan orang pagi, hindari bisnis yang mengharuskan Anda bekerja di pagi hari. Jika Anda adalah orang yang suka malam, mungkin menjalankan klub malam atau restoran yang buka hingga larut malam lebih cocok untuk Anda. sebaliknya, jika Anda tidur lebih awal, menjalankan bisnis yang mengharuskan Anda untuk begadang mungkin tidak cocok untuk Anda.

Apakah Anda orang yang indoor atau outdoor? Apakah Anda suka bekerja di kantor selama berjam-jam atau tidak tahan dengan kantor dan merasa perlu bergerak sepanjang waktu? Jika Anda menyukai lingkungan kantor yang sepi, maka pilihlah bisnis yang bisa dilakukan dari kantor. Jika Anda suka bepergian, pilih bisnis yang mengharuskan Anda pergi ke berbagai tempat dan bertemu orang baru.

Apakah Anda orang yang cerdas atau berguna? Orang melakukan sesuatu secara berbeda, beberapa orang suka melakukan hal-hal yang melibatkan pemikiran dan kerja otak mereka, orang lain suka melakukan hal-hal yang melibatkan keahlian dan pekerjaan praktis.

Apakah Anda orang yang pemalu atau suka bergaul? Jika Anda adalah orang yang pemalu, menjadi pembicara publik mungkin bukan ide terbaik untuk Anda. Jika Anda adalah orang yang ramah dan suka bertemu orang baru setiap saat, memiliki bisnis berbasis internet mungkin membuat Anda kehilangan kebahagiaan itu.

Saya pikir Anda mendapatkan ide, memikirkan sifat dan atribut pribadi Anda dan memilih ide bisnis yang sesuai dengan kepribadian Anda.

10. Baca tentang orang lain yang memulai bisnis mereka sendiri
Sebagian besar menjadi sukses melibatkan melihat orang-orang sukses lainnya dan belajar bagaimana mereka mencapai kesuksesan mereka. Membaca otobiografi tentang tokoh bisnis terkemuka dan sukses dan mempelajari bagaimana mereka memulai perjalanan mereka akan memberi Anda wawasan yang bagus tentang bagaimana mereka melakukan sesuatu dan apa yang sebenarnya mereka lakukan untuk menjadi sukses.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *